naskah dokumen yang kamu buat perlu di periksa terlebih dahulu sebelum di cetak , mungkin ada kekeliruan atau perlu prnambahan di sana-sini. proses tersebut umumnya disebut sebagai proses menynting/editing. MS word 2007 menyediakan berbagai fasilitas penyunting dokumen.
1. Menyuting teks
ketika proses pengetikan sedang berlangsung, mungkin kamu perlu menggunakan beberapa tombol keyboard berikut untuk memudahkan penyuntingan teks.
a. tombol insert, berfungsi menyisipkan karakter baru di antara dua karakter yang di ketik.
b. tombol backspace, berfungsi menghapus satu karakter di titik sisip.
c. tombol delete ,berfungsi menghapus satu karakter di kanan titik sisip.
d. tombol shif + enter, berfungsi memindahkn ke garis baru tanpa menyisipkan sebuah paragraf.
e. ctrl+ z atau undo, berfungsi membatalkan perintah yang sudah di jalankan.
f. ctrl+ y atau redo, berfungsi menjalankan kembali perintah yang sudah di batalkan.
2. copy-paste dan cut- paste
salah satu proses editing adalah proses penyalinan. cara penyalinan dapat di lakukan dengan dua cara, yaitu copy -paste dan cut -paste. cara copy-paste merupakan proses dengan tidak menghilangkan sumber salinan, sedanghkan cut-paste akan menghilangkan sumber salinan. lebih tepatnya untuk istilah cut-paste adalah memindahkan sumber salinan ke tempat lain.
3. spellling dan Grammer
fasilitas spelling dan Gammer di gunakan untuk mengejekan ejaan, terutama untuk teks bahasa inggris. jika kamu menggetik teks bahasa inggris pada lembar dokumen maka akan terlihat garis berwarna di bawah teks yang salah menurut aturan ejaan bahasa inggris. MS word 2007 menyediyakan cara cepat untuk mebetulkan ejaan tersebut.
a. klik ikon spelling dan Grammer yang terdapat pada tab review, group proofing. hal ini akan memuculkan dialog box spelling dan grammer .
b. untuk mebetulkan , klik tombol auto correct .namun jika tidak, klik tombol ignore once atau all.
c. klik tombol close untuk mengakhiri.
4. Find and replace
jika ingin mencari sebuah kata atau sebaris kalimat yang terdapat pada dokumen microsoft word menyediakan fasilitas pencarian dengan cepat. selain untuk mencari fasilitas find and replace juga sekaligus dapat di gunakan untuk mengganti secara otomatis kata yang di maksud dengan kata lainya. adapun caranya sebagai berikut.
a. klik ikon find yang terdapat pada tab home ,group editing , hal ini akan memuculkan dialog box find and replace .
b. jika hanya melakukan pencarian kata. klik tab find dan tulis kata yang akan di cari pada kolom find What. kemudian klik tombol find in dan main documen untuk mencari kata tersebut pada dokumen utama.
c. jika ingin mengganti kata dengan kata lain, maka klik tab replace.
d. misalnya ingin mengganti kata" word" menjadi "excel" ,maka tulislah "word" pada kolom find what ,dan tulis "excel" pada pilihan replace with .
e. klik tombol replace atau replace all untuk mengganti kata.
5. Menyimpan Dokumen
setelah selesai membuka sekaligus membuat dokumen , langkah berikutnya adalah menyimpannya ke tempat penyimpanan data kekomputer. penyimpanan di maksudkan agar kamu memiliki file dokumen yang jika sewaktu- waktu kamu perlukan .kamu masih dapat mengaksesnya. cara menyimpan dokumen adalah sebagai berikut;
a. klik tombol office button ,kemudian klik ikon save ,atau menggunakan tombol pintas ctrl+s sehingga terbuka kotak dialog save as.
b. pada bagian save in;pilih drive atau folder yang kamu inginkan.
c. ketik nama file pada bagian file name.
e. klik tombol save.
dan segitu saja yang mungkin bisa saya tulis, kalo ada penulisan kata yang kurang tepat saya mohon maaf.
Comments