Office button terletak di sudut kiri atas jendela kerja MS word 2007. Bagian ini berguna untuk mengakses fungsi - fungsi umum untuk pengolah dokumen. Office button juga di jumpai pada program microsoft office yang lain seperti MS excel dan MS POwer point. Jika di klik , office button akan menampilkan menu atau daftar tombol perintah dengan fungsi tertentu .
Nama tombol beserta fungsinya sebagai berikut:
1. New , berfungsi untuk membuat sebuah dokumen baru berupa lembaran kosong. Bisa juga untuk membuat dokumen baru sesuai template atau pola pengaturan dan tata letak halaman dokumen yang sudah dusediyakan contohnya oleh MS word.
2. Open, berfungsi untuk membuka dokumen MS word yang telah di simpan dari media penyimpanan.
3. Save , berfungsi untuk menyimpan dokumen.
4. Save As,berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan sebelumnya dengan nama lain. Juga berfungsi untuk mentimpan dokumen ke file dengan format ekstensi yang berbeda , misalnya * dock diubah menjadi *.doc,*rtf, atau *.xml. Hal itu bertujuan untuk menggadakan dokumen , sehingga file aslinya tetap terjaga.
Fungsi save As juga dapat di gunakam untuk menyimpan dokumen berekstensi *. docx yang didukung oleh MS word versi 2007 menjadi file dokumen berekstensi*. doc yang didukung MS word versi 2003 ke bawah, sehingga file word yang di ubah dengan MS wotd 2007 bisa di baca oleh MS worx versi lebih rendah.
5. Print, berfungsi untuk mencetak dokumen dengan alat cetak . pilihan lainnya adalah untuk menampilkan dokumen pada layar sebelum dilakukan pencetakan sehingga dokumen dapat diperiksa ulang, apakah sudah layak atau masih perlu diperbaiki.
6. Prepare, berfungsi untuk melengkapi dokumen dengan failitas tertentu sebelum disebarluaskan. Misalnya, melengkapi dengan kata sandi agar dokumen tidak bisa di buka oleh sembarang orang.
7. Publish, berfungsi untuk mempubilasika dokumen kepada orang lain melalui berbagai media pilihan berikut.
- blog, untuk menyebarkan atau mem-posting isi dokumen ke media blog secara online.
- documen management server, untuk berbagi dokumen dengan cara menyimpannya di server( penyediyaan layanan data)
- create document workspace, untuk membuat situs baru bagi dokumen dan menjaga salinanya agar tetap sinkron.
8. Close, berfungsi untuk menutup dokumen .
9. Recent document , berfungsi untuk menampilkan daftar- daftar file dokumen yang sedang di buka terakhir kali menggunakan MS word 2007 .
10. Word options, berfungsi untuk mengatur tampilan.
11. Exit word, berfungsi untuk menutup program MS WORD 2007.
Comments